Sejarah, Cerita dan Mitos RSK Tayu Pati

Horror —Senin, 22 Nov 2021 14:53
    Bagikan  
Sejarah, Cerita dan Mitos RSK Tayu Pati
RSK Tayu Pati/youtube

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA.COM- Rumah sakit memang merupakan salah satu tempat yang selalu dianggap angker oleh kebanyakan orang. Selain bangunannya yang menyeramkan, Rumah Sakit juga dianggap angker karena banyak orang yang meninggal disana.

Salah satu Rumah Sakit di Indonesia yang terkenal angker adalah Rumah Sakit Kristen Tayu di Pati, Jawa Tengah. Rumah sakit ini bertipe C yang sudah didirikan sejak 1933. Banyak warga sekitar yang juga turut merasakan kejadian aneh dari rumah sakit tersebut.

Rumah Sakit ini awal didirikan dari hasil pengembangan  poliklinik untuk umat Kristen yang dirintis oleh P.A. Jansz, seorang penginjil dari Badan Doopsgezinde Zending Vereeniging ditahun 1984.

Rumah sakit ini mencapai kejayaannya pada sekitar tahun 1970 hingga tahun 2000. Rumah sakit ini pada saat itu dijadikan salah satu rrujukan di wilayah Pati Utara.

Baca juga: Hal-hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat Hujan

Namun RSK Tayu Pati mulai dilanda jrusus pada tahun 2013. Lebih menyedihkan lagi karena ternyata para karyawan tidak menerima gaji hingga 15 bulan.

Bangunan yang sudah tua dan tidak beroperasi lagi membuat kesan angker dan mistis makin melekat di Rumah Sakit ini. Banyak kisah yang beredar bahwa Rumah Sakit ini dhihuni oleh banyak makhluk halus.

Bukan hanya di malam hari, katanya makhluk halus penunggu rumah sakit ini juga kerap kali muncul di siang hari. Konon, ada sosok gaib yang sering berjalan di sekitaran komplek Rumah Sakitr Tayu ini.

Warga yang sering melintasi Rumah Sakit itu dimalam hari juga memilih untuk melajukan kendarannya dengan cepat dan tidak menoleh karena takut melihat penampakan di rumah sakit tersebut.

RSK Tayu mulai tidak dirawat sejak tahun 2000-an. Bangunan di dalamnya pun berantakan. Kesan menyeramkan pun makin melekat di RSK Tayu.

Baca juga: Tips Melindungi Mata Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Ada cerita beredar jika dibagian barat rumah sakit tepatnya di ruang pasien yang rawat inap. Ketika pasien itu sedang diujung ajalnya, ia melihat ada potongan kaki dengan banyak darah bercucuran. Kki tersebut berjalan di sekitar ruangan rawat inap.

Disebelah barat RSK Tayu juga ada lapangan sepakbola yang terdapat sumur tua. Sumur tua itu diyakini sebagai tempat pembuangan mayat pada masa penjajahan Belanda.

Tidak hanya itu, ada juga cerita yang sangat sering di dengar oleh masyarakat. Salah satunya adalah ada seorang Pria yang jauh dari Kudus ke Pati untuk memeriksakan dirinya di Rumah Sakit tersebut.

Pria itu di diagnosa mengalami sakit typus dan harus dirawat di RSK Tayu. Selama seminggu dirawat, pria tersebut mengatakan bahwa ia diperlakukan dengan baik oleh para perawat dan dokter.

Baca juga: Mengenggam Janji Wayan, Bagian Satu

Hanya satu kejanggalan saat ia dirawat, ia kerap kali merakasan hawa dingin yang tidak biasa selama dirawat di RSK Tayu Pati.

Setelah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, pihak rumah sakit meminta pria tersebut untuk kembali ke RSK Tayu seminggu kemudian untuk melakukan control.

Namun betapa kagetnya pria tersebut karena sat ia kembai datang ke rumah sakit yang menyuruhnya untuk control, yang ia daoat hanyalah bangunan tang terbengkalai dan tidak beroperasi bertahun-tahun lamanya.

Masih banyak sekali cerita mistis yang beredar di RSK Tayu Pati. Namun, semua cerita diatas belum dipastikan kebenarannya dan tidak bermaksud untuk menimbulkan kesesatan. Alangkah baiknya kita hanya mengabil sisi positif dari cerita diatas. –zz-

 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait