Dilema Copy Paste dan Nilai Bagus bagi Pelajar Daring

Pendidikan —Sabtu, 20 Nov 2021 08:55
    Bagikan  
Dilema Copy Paste dan Nilai Bagus bagi Pelajar Daring
pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA.COM- Sebagai seorang pelajar di era milenial, kamu pasti pernah kan dapet tugas yang mengharuskan kamu untuk cari jawabannya lewat internet? Tapi, secara ngga sadar saat mencari jawaban atau referensi kamu malah melakukan plagiarisme.

Apa sih plagiarisme itu? Seperti yang dilansir dari Wikipedia, Plagiarisme atau sering disebut plagiat adlah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Plagiarisme itu bukan melulu soal copy-paste tugas. Tapi, itu juga bisa disebut plagiat ketika kamu mengambil gambar yang ada di situs seperti tumblr dan lain-lain tanpa menyebutkan sumbernya. Hayooo siapa yang pernah kayak gitu?

Baca juga: Cerdas Berliterasi Media Untuk Kaum Millenial

Di era milenial seperti sekarang ini, semua informasi dapat dengan mudah kamu akses dimanapun dan kapanpun. Tapi sayang sekali hal ini justru membuat remaja-remaja di Indonesia dengan mudahnya melakukan plagiarisme. Akibatnya, para remaja di Indonesia  jadi malas untuk membaca dan lebih memilih untuk mencopy dari situs yang mereka lihat.

Salah satu contoh kasus plagiarisme yang sedang ramai diperbincangkan adalah akun Youtube Calon Sarjana yang ternyata mencuri semua kontennya dari channel youtube luar negeri. Walaupun, voice over yang dibuat oleh Calon Sarjana adalah berbahasa Indonesia, namun semua video yang di posting adalah milik orang lain. Ngga cuman itu aja, masih banyak lagi kasus-kasus plagiarisme di Indonesia.

Minimnya pengetahuan tentang hak cipta juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak terjadi kasus plagiarisme di Indonesia. “copas aja di google, banyak kok!” nah kata-kata seperti ini harusnya tidak keluar dari pelejar seperti kalian ya sobat. Untuk menghindari kita dari tuduhan plagiarisme, kamu harus baca dulu referensi yang kamu dapat, kamu tidak boleh langsung copas referensi tersebut.

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat Spicy Beef Gyoza ala Jepang

Melainkan, kamu harus pahami maksud dari kalimat tersebut dan kamu bisa tulis lagi kalimat itu dengan kata-katamu sendiri ya sobat. Jangan semuanya kamu copy paste!

Selain itu, kamu juga boleh kok kalau mau ambil foto dari situs-situs seperti tumblr dan lain-lain. Dengan catatan, kamu wajib cantumkan sumber dari pemilik foto tersebut ya! kamu ngga boleh asal posting hasil foto orang lain karena itu melanggar undang-undang hak cipta. Kalau ketahuan, kamu bisa dihukum loh! Kamu ngga mau kan sampai di hukum kaya gitu?

Kamu juga jangan asal tulis caption dari quotes orang lain ya sobat! Kamu jangan bangga terlihat keren karena kata-kata puitis yang ternyata bukan karya kamu. Kamu boleh aja pasang caption yang menarik atau cari quotes milik orang lain itu boleh sekali. Tapi, kamu harus cantumkan sumber dan penulisnya ya sobat!

Sebagai anak generasi milenial kita harus melek teknologi. Tapi, jangan sampai teknologinya kamu salah gunakan ya! gunakanlah teknologi untuk hal yang baik-baik dan jangan lupa untuk jauhi plagiarisme!-zz-

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait