Pengertian dan Cara Melakukan Self Healing

Pendidikan —Rabu, 24 Nov 2021 15:28
    Bagikan  
Pengertian dan Cara Melakukan Self Healing
pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA.COM- Setiap indovidu pasti memiliki permasalahan hidupnya masing-masing. Entah permasalahn sekolah, kerja, keluarga atau masalah di kuliah dan masih banyak lagi masalah lainnya.

Masalah bisa muncul di semua orang tanpa memandang apapun. Terkadang, ada saja orang yang tidak sanggup menghadapi masalahnya hingga berujung stress dan depresi.

Masalah dalam kehidupan akan sangat berbahaya jika bisa menimbulkan stress dan depresi. Sebelum kamu merasakan stress dan depresi karena masalah yang kamu hadapu. Lebih baik kamu segera melakukan self healing deh!

Tapi, apa itu self healing? Simak penjelasannya dibawah ini..

Kalau di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, Self Healing itu artinya adalah “penyembuhan sendiri”. Dapat diartikan bahwa kamu bisa menyembuhkan dirimu sendiri dan kamulah seorang yang sangat tau apa yang dirasakan dana pa yang dibutuhkan untuk menyembuhkan diri sendiri.

Baca juga: Surga Dunia di Sebuah Pulau Kecil di Bali, Nusa Penida

Self Healing adalah suatu metode terkenal yang terkenal di Amerika yang memiliki kegunaan untuk menyelesaikan apapun hal yang bisa berakibat pada kesehatan mental seseorang.

Karena pada hakikatnya, semua orang pasti memiliki masalah, pernah merasakan kecewa yang berujung kepada kesehatan mentalnya. Nah, self healing ini bisa jadi teknik yang tepat untuk kamu yang sedaang merasa kurang baik mentalnya.

Nih, berikut beberapa cara kamu untuk melakukan self healing.

1. Self Talk

Kalau kamu sedang merasa kesal, kecewa karena sesuatu kamu bisa bicarakan hal apa saja yang membuatmu tidak enak dan mengganjal pada dirimu sendiri. Cobalah berdiam diri di kamarmu sambil bercermin dan bicara pada dirimu sendiri.

Hal ini bisa kamu lalukan untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam lubuk hatimu. Hal ini juga bisa menggali keinginan dalam dirimu sendiri.

Baca juga: Asal-usul dan Cara Memainkan Permainan Bloody Mary

2. Ucapkan Terimakasi Pada Diri Sendiri

Setelah usai ungkapkan semua perasaan dan mulai mengtehaui apa penyebab kamu merasa mengganjal. Kamu harus apresiasi dirimu sendiri dengan cara ucapkan terimakasi pada diri kamu ya!

Ucapkan terimakasih pada dirimu sendiri karena kamu hebat bisa melalui ini semua dengan baik. kamu juga harus apreasi karena bisa menghadapi ini semua.

3. Tulis Masalahmu

Kalau kamu merasa tidak aka nada orang lain yang mengerti tentang masalahmu, kamu bisa melakukan teknik ini. Kamu bisa menuliskan dan menceritakan apa saja yang sedang kamu alami belakangan ini.

Rasanya mungkin akan berbeda jika kamu menceritakannya pada orang lain, namun dengan teknik ini kamu bisa mengurangi respon negative dari orang lain. Karena hakikatnya yang mengerti dan mengetahui apa yang kamu rasakan adalah dirimu sendiri.

Baca juga: Alasan dan Sejarah Mengapa Lagu Genjer-genjer Dicekal

4. Melampiaskan Emosi dengan Gerakan

Teknik ini ada dalam beberapa film. Biasanya, mereka yang sedang merasa kesal, sedih dan kecewa akan memukul suatu benda. Ternyata, hal iitu salah satu self healing loh. Jika, kamu ingin melakukan teknik ini, kamu harus pertimbangkan keamananmu ya! Jangan sampai menyakiti diri sendiri.

5. Menikmati Hidup

Aih-alih meratapi semua masalahmu dan terus membandingkan semua masalahmu dengan orang lain, lebih baik kamu nikmati saja apa yang sudah kamu capai dan apa yang kamu jalani saat ini.

Daripada kamu bersedih dan membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, alangkah baiknya kamu untuk menjalani hidupmu lebih baik dan menikmatinya.

Itu tadai beberapa cara self healing yang bisa kamu lakukan sendiri. Namun, kalau kamu sudah merasa tidak sanggup dan butuh teman untuk bercerita, kamu bisa kok untuk datang ke lembaga terkait. Jangan malu dengan masalahmu ya! –zz-

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait