Pengertian, Tanda dan Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Pendidikan —Kamis, 25 Nov 2021 15:09
    Bagikan  
Pengertian, Tanda dan Cara Mengatasi Perasaan Insecure
pinterest

MANDALIKA, DEPOSTMANDALIKA.COM- Saat ini merasa insecure menjadi perasaan yang sering terjadi, terutama di kalangan muda. Bisa insecure karena fisik, prestasi atau hal lainnya.

Insecure sendiri menurut (Asta,2019) artinya adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menjadi seorang interior dari orang lain.

Rasa tidak aman atau insecure bisa terjadi pada kit ajika kita merasa kekurangan, malu, bersalah atau rasa tidak mampu untuk melakukan dan mecapai sesuatu. Jika rasa tidak aman ini menyeruah di pikiranmu, maka bisa memicu perasaan semakin tidak percaya diri akan diri sendiri.

Tidak hanya itu, perasaan lain yang ditimbulkan dari rasa insecure biasanya seseorang menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini ditimbulkan karena kita kurang merasa percaya diri sehingga merasa tidak nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain.

Biasanya orang yang insecure akan menganggap diri mereka rendah dan tidak percaya diri. Mereka akan merasa takut tidak diterima di lingkungan tersebut.

Padahal pada hakikatnya, semua manusia diciptakan sebagai makhluk social yang tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya sosialisasi, karena sosialisasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Cerita Horror The Amityville House, Rumah Bekas Peristiwa Keji

Merasa insecure sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Namun, jika perasaan insecure itu menguasai dirimu, maka akan menjadi hal yang besar dan membuat kamu semakin tidak nyaman.

Perasaan yang ditimbulkan dari insecure yang berlarut-larut akan sangat merugikan bagi kamu. Maka dari itu, kenalilah beberapa tanda bahwa kamu sedang merasa insecure agar kamu tidak menimbulkan masalah yang lebih serius.

1. Membandingkan diri dengan orang lain

Perlu kamu tahu, bahwa kamu dan orang lain memiliki porsi hidupnya masing-masing. Justru, jika kamu terus membandingkan dirimu dengan orang lain, akan membuat perkembangan dalam diri kamu terhambat.

2. Memanggap diri sendiri renah

Pengalaman buruk di masa lalu bisa membuat seseorang jadi yidak percaya diri. Kalau kamu sedang ada di posisi ini, kamu bisa coba untuk menghargai diri sendiri dengan segala kekuranganmu ya!

Baca juga: Pengertian dan Cara Melakukan Self Healing

3. Introvert dan cenderung mengindari interaksi dengan orang lain

Saat kamu merasa insecure, kamu akan cenderung untuk menghindari untuk berinteraksi dengan orang lain. Apalagi jika pembicaraan yang dibahas adalah hal yang membuat kamu insecure, seketika kamu  akan merasa down dan malas untuk berinteraksi dengan mereka.

Untuk mengatasi perasaan insecure, kamu harus focus untuk menjadi dan mencintai diri kamuy sendiri ya, kamu juga jangan pernah bandingkan dirimu dengan orang lain. Selain itu, lingkunganmu juga harus dikelilingi dengan orang yang supportif untuk mendukungmu.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mengenali dirimu dan coba untuk mencaari kelebihan dari diri kamu dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah Tuhan beikan kepadamu. –zz-

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait